FRS FPRS Perwalian

Sebelum kegiatan belajar mengajar di setiap semester dimulai (kecuali pada semester pertama), setiap mahasiswa diwajibkan untuk merencanakan, menyusun dan mendaftarkan rencana studinya (mata kuliah) untuk semester berikutnya secara online melalui fasilitas student portal yang disediakan oleh pihak universitas. Proses penyusunan rencana studi secara umum dapat diilustrasikan seperti gambar di bawah ini.

  1. Periode tidak terjadwal, di mana mahasiswa dapat melakukan perwalian secara bebas kepada dosen walinya masing-masing
  2. Periode terjadwal, di mana mahasiswa wajib melakukan perwalian kepada dosen walinya masing-masing, dengan waktu dan durasi yang ditentukan dan diumumkan oleh program studi, biasanya selama satu minggu
  3. Proses pengisian Formulir Rencana Studi (FRS) secara online
  4. Proses pengisian Formulir Perubahan Rencana Studi (FPRS) secara online, biasa dilakukan setelah seorang mahasiswa menjalani kuliah selama dua minggu pertama setiap semester

Seorang mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen walinya setiap waktu sesuai dengan perjanjian masing-masing, namun pada periode (1) di atas, terdapat formulir yang harus diisi oleh dosen wali sebagai bukti proses perwalian. Mata kuliah seorang mahasiswa pada semester berikutnya berjalan sesuai FRSnya yang terlaksana pada periode (2). Setelah perkuliahan berlangsung selama dua minggu, mahasiswa bersangkutan dapat mengevaluasi diri tentang kemampuannya, waktu/jadwal atau hal lain yang dapat mempengaruhi rencana studinya. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan perubahan rencana studi, baik penambahan atau pengurangan mata kuliah, dengan koordinasi dengan dosen wali, pada periode (3).

Jumlah kredit maksimum yang dapat diambil oleh seorang mahasiswa bergantung pada indeks prestasi semester sebelumnya, dengan pedoman seperti pada tabel berikut.

Indeks prestasi semester sebelumnya Maksimum sks yang dapat diambil
> 3,00 24
2,5 – 2,99 21
< 2,50 18