Juara 1 Lomba Beton Nasional ke-22 dalam Civil National Expo (CNE 2018)

Civil National Expo 2018 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh IMASTA (Ikatan Mahasiswa Sipil Tarumanegara). Acara ini terdiri atas berbagai lomba tingkat nasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Lomba Beton Nasional (LBN) ke-22 yang merupakan perlombaan paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara. Peserta yang mengikuti LBN ke-22 berjumlah 22 tim, masing-masing tim terdiri atas 3 orang, yang melalui Babak Penyisihan pada tanggal 19 Februari – 20 Maret 2018. Kemudian, 5 tim terbaik akan lolos ke Babak Final yang dilaksanakan di Universitas Tarumanegara pada tanggal 4 Mei 2018 dan ditutup dengan pengumuman pemenang dalam Seminar Nasional pada tangal 5 Mei 2018.

Mahasiswa Teknik Sipil Unpar, yakni Angelina Prisilia Pradana (2016410030), Rocky Mountainshia (2016410085), dan Soni Satria Gunawan (2016410122), yang tergabung dalam Tim PACIVIC CLOVER, berhasil meraih Juara 1 Lomba Beton Nasional ke-22 dengan tema “Ultra High Performance Concrete with Fiber”. Dengan bimbingan Ibu Cecilia Lauw Giok Swan, Tim PACIVIC CLOVER berhasil merencanakan campuran dan menghasilkan beton berkekuatan tinggi dengan tambahan serat baja, dengan kuat tekan lebih besar dari 70 MPa. Pada Babak Penyisihan, Tim PACIVIC CLOVER membuat trial mix beton, video pembuatan beton, dan makalah mengenai beton yang dibuat. Selanjutnya, Tim PACIVIC CLOVER berhasil lolos ke Babak Final bersama dengan keempat tim lainnya dari Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan Politeknik Negeri Bali. Pada Babak Final, masing-masing tim mempresentasikan isi makalah yang telah dibuat pada Babak Penyisihan di hadapan para juri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Puncak Acara adalah saat pengumuman pemenang pada akhir Seminar Nasional di Universitas Tarumanegara. Tim PACIVIC CLOVER berhasil meraih Juara 1 dan mendapatkan piala bergilir, yang merupakan piala yang diberikan secara bergilir kepada pemenang pertama setiap tahunnya.

“Mengikuti lomba tingkat nasional seperti LBN ke-22 ini memberikan banyak pengetahuan baru dan pengalaman positif yang tidak akan kami dapatkan di kegiatan perkuliahan. Selain itu, ada kebanggaan tersendiri dalam diri kami karena telah berhasil membawa nama Unpar saat menjadi finalis babak final maupun saat disebut sebagai juara. Harapan kami untuk ke depannya adalah semoga mahasiswa Teknik Sipil Unpar semakin aktif dalam berbagai kegiatan eksternal dan dapat meraih prestasi yang dapat membanggakan almamater Unpar. Jangan merasa takut akan kalah, melainkan yang terpenting adalah tekad dan kerja keras, serta keinginan mau belajar mengenai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang baru.”, kesan dan pesan Tim PACIVIC CLOVER untuk kegiatan berikutnya.