Juara 2 Lomba Estimasi Biaya Proyek Civil National Expo 2018

Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan kembali meraih Juara dalam rangkaian acara Civil National Expo (CNE) 2018 cabang Lomba Estimasi BIaya Proyek (EBP)  dengan tema ‘Cost Estimation Challenge’ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tarumanegara (Himasta). Lomba ini dibagi kedalam 2 tahap yakni pembuatan proposal lomba dari tanggal 12 Maret 2018 sampai tanggal 12 April 2018 dan presentasi final yang disertai seminar dan pengumuman juara yakni pada tanggal 4 Mei 2018 berlokasi di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Peserta lomba EBP CNE 2018 terdiri dari kurang lebih 30 tim yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Dari 30 tim tersebut hanya 5 tim saja yang berhak melaju ke tahap presentasi final di Jakarta.

Universitas Katolik Parahyangan diwakili oleh Tim Rajawali Parahyangan Perkasa (RPP) yang terdiri dari Melisa Christina (2015410106), Gabriella Laurencia Liman (2015410067), dan Fernando Oscar Hayrera (2015410170) dengan dosen pembimbing Bapak Yohanes Lim Dwi Adianto, Ir., M.T. Aspek penilaian utama dari lomba EBP adalah menentukan Metode Pelaksanaan Konstruksi, menghitung Rencana Anggaran Biaya, serta menyusun Master Schedule dan Kurva S. Sistem kerja yang diterapkan oleh tim RPP adalah pembagian tugas sesuai keahlian masing-masing anggota, disertain dengan asistensi progress kepada Pak Adianto setiap minggunya. Puji Tuhan makalah yang disusun oleh tim RPP berhasil membawa tim RPP melangkah ke tahap presentasi final. Masa persiapan final sekitar satu minggu diisi dengan pembuatan slide presentasi pemaparan makalah secara singkat dimana tim RPP memposisikan diri sebagai kontraktor yang mengikuti tender proyek. Puji Tuhan seluruh usaha yang dilakukan membuahkan hasil yang manis yakni tim Rajawali Parahyangan Perkasi berhasil membawa pulang predikat Juara 2 untuk lomba Estimasi Biaya Proyek CNE 2018.

Tim Rajawali Parahyangan Perkasa berharap agar teman-teman mahasiswa UNPAR yang lain dapat terpacu semangatnya untuk mengikuti berbagai jenis perlombaan. Dengan mengikuti perlombaan banyak manfaat positif yang dapat dirasakan. Selain pengetahuan tambahan diluar bangku perkuliahan, dengan mengikuti lomba kita dapat belajar untuk membagi waktu, bekerja sama dengan teman sekelompok, belajar bagaimana menyampaikan gagasan dan pendapat agar mudah dipahami oleh orang lain dan belajar untuk mendengarkan orang lain, hingga belajar untuk mengambil keputusan hasil dari kesepakatan bersama. Selain itu jika berhasil meraih juara, kita dapat mengharumkan nama UNPAR, membawa pulang piala, serta mendapatkan hadiah uang pembinaan. Oleh karena itu, mari semangat untuk mengikuti lomba, karena seluruh usaha dan doa yang dilakukan pasti akan membuahkan hasil yang baik.