Thursday , 23 November 2017
Home » Komunitas Bidang Ilmu » Teknik Transportasi

Teknik Transportasi

Bidang yang dicakup oleh teknik transportasi sangat luas, baik itu pada bidang pengajaran maupun bidang riset. Para anggota yang tergabung dalam KBI teknik transportasi bertanggungjawab baik dalam hal riset maupun pengajaran yang meliputi perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur khususnya sektor transportasi.

Kegiatan penelitian bekerja sama erat dengan para profesional di tingkat lokal, nasional maupun internasional. KBI teknik transportasi melakukan pembimbingan tugas akhir untuk mahasiswa tingkat sarjana, master maupun doktoral.

Untuk menjalankan kegiatannya, KBI Teknik Transportasi ditunjang oleh 2 buah laboratorium, yaitu laboratorium bahan dan laboratorium transportasi. Kegiatan penelitian diatur dalam 2 buah pusat studi, yaitu:

  1. Center for Transportation Studies (CTS) dan
  2. Center for Infrastructure, Water, and Environmental Management Studies (CIWEMS).

Kegiatan yang berlangsung saat ini terfokus pada penelitian lalu lintas, penelitian perkerasan, dan penelitian transportasi. Dalam hal ini termasuk didalamnya travel behavior, angkutan publik, ekonomi transportasi, analisis dan pemodelan transportasi, aliran lalu lintas, peraturan lalulintas dan keamanan, perencanaan jalan dan jalan raya, teknologi jalan dan konstruksi, administrasi dan pemeliharaan, dan lain-lain.

Anggota:

  • Prof. Wimpy Santosa, Ph.D.
  • Aloysius Tjan Hin Hwie, Ph.D.
  • Anastasia Caroline Sutandi, Ph.D.
  • Santoso Urip Gunawan, MT.
  • Tri Basuki Joewono, Ph.D.
 Ketua KBI Teknik Transportasi
Teknik & Manajemen Prasarana Umum
Prof. Wimpy Santosa, Ph.D.
S1 : Universitas Katolik  Parahyangan
S2 :  Virginia Tech University
S3 : University of Connecticut
Telp : +62 (0)22 203 3691
Email :  wimpy@unpar.ac.id