Monday , 20 November 2017
Home » Kurikulum

Kurikulum

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan kebutuhan profesi, evaluasi kurikulum seyogyanya dilakukan secara berkala. Hal ini yang kemudian mendasari Program Studi Teknik Sipil Unpar untuk senantiasa menyempurnakan kurikulumnya sehubungan dengan upaya untuk menghasilkan lulusan/sarjana teknik sipil yang berkualitas sesuai dengan visi dan misi program studi. Atas dasar itu dibentuklah Tim Kurikulum Program Studi Teknik Sipil yang bertugas untuk mengevaluasi kembali kurikulum program studi tahun 2002 dan menyusun kurikulum yang baru yaitu kurikulum program studi tahun 2011.

Di dalam penyusunan Kurikulum Program Studi Teknik Sipil tahun 2011 ini, pimpinan program studi bersama tim kurikulum tidak hanya mempelajari sejumlah kurikulum berbasis kompetensi dari perguruan tinggi lain, namun juga menyertakan masukan yang diperoleh dari berbagai pihak antara lain dosen, mahasiswa, alumni, instansi baik pemerintah maupun swasta, dan para pengguna lulusan. Adapun beberapa peraturan dan standar yang menjadi rujukan dalam proses penyusunan adalah:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia no. 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional.
  3. SK Mendiknas no. 232/U/2000, tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik.
  4. SK Mendiknas no. 045/U/2002, tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  5. Standar kurikulum Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) – American Society for Civil Engineers (ASCE).
  6. Standar kompetensi lulusan program studi sarjana teknik sipil yang diterbitkan tahun 2008 oleh Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Akademik.

 

Total Kredit Lulus
144 Sks
Matakuliah Wajib unpar_sipil_arrow Matakuliah Pilihan
 110Sks  34Sks
 Terdiri atas:  Terdiri atas:
 60 Matakuliah  43 Matakuliah